MEMBUAT MAIL MERGE (SURAT MASAL)

Gaya atau cara pengolahan kata dalam menyelesaikan surat massal pada umumnya sama yg disebut dengan MAIL MERGE, namun fasilitas yg disediakan sangat berbeda dimana hal itu akan diketahui jika Anda menggunakan Microsoft Word.

1. MEMBUAT MAIL MERGE

Klik menu tools, letters and mailings, maka disebelah samping kanan layar akan muncul kotak dialog Mail Merge, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Pada kotak dialog select starting document, pilih step 1 of 6 dengan mengeklik kiri next: Starting document

b. Pada kotak dialog select starting document, pilih Step 2 of 6 dengan mengeklik kiri Next: Select recipients

c. Pada kotak dialog Select recipients, pilih Type a new list pada step 3 of 6

Klik kiri create pada Type a new list, maka akan muncul kotak seperti dibawah ini :

Klik kiri pada Coztumize maka akan muncul kotak dialog seperti ini :

.Hapus semua isi kotak pada Field name dengan mengeklik Delete

.Klik Add, kemudian ketik Nama pada kotak Add Field lalu klik OK

.Klik Add, kemudian ketik Alamat pada kotak Add Field lalu klik OK

.Klik Add, kemudian ketik jabatan pada kotak Add Field lalu klik OK

.klik OK, kemudian masukkan data berikut ini kekotak yg telah dibuat dan untuk memasukkan data berikutnya klik New Entry

Layla

Pulokulon

Siswa

.lalu klik Close, maka akan muncul kotak dialog Save Addres List ketik Departemen Pendidikan pada file name

.klik save (atau tekan Enter) untuk mengakhiri

.ketik surat dibawah ini, untuk menampilkan Mail Merge yg sudah dibuat klik ikon

Insert Mail Merge

Untuk menampilkan data yg sudah diketik, klik ikon View Marged Data

sebelumnya

sesudahnya
About these ads